Cara Kerja GPS Tracker Sistrack

Tak banyak masyarakat tahu cara kerja dari gps tracker. sistem kerja dari perangkat hingga dapat melakukan pelacakan terhadap unit kendaraan, memerlukan satu kesatuan yang terorganisir. Terlebih dahulu anda wajib ketahui terlebih dahulu tentang spesifikasi dari beberapa gps tracker yang anda ingin beli. Sebelumnya apakah anda tahu apa itu GPS Tracker?

GPS tracker atau disebut dengan alat pelacak ini memiliki sistem yang terhubung langsung dengan satelit dan provider, selain menjadi alat pengaman mobil, gps tracker merupakan alat yang biasa digunakan pada mobil untuk melacak lokasi. Tak hanya mobil saja GPS tracker dapat di aplikasikan pada motor, truk, bus, kapal, alat berat (forklift, excavator dll).

Dijaman sekarang yang serba modern, siapa yang tidak mengetahui gps tracker? Gps tracker bisa dibilang efektif digunakan untuk melacak lokasi unit kendaraa. Apalagi GPS tracker bagi perusahaan angkutan limbah B3, diperkuat dengan adanya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nomor P.4/MENLHK/SETJEN/KUM.1/1/2020. Tentang Pengangkutan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun, pada Bab II, Alat Angkut Limbah B3, Pasal 5 ayat 2 disebutkan alat angkut wajib dilengkapi GPS Tracking dan terintegrasi dengan SILACAK.

SISTRACK Perusahaan GPS Tracker Indonesia, sebagai rekanan yang di tunjuk untuk melakukan pengintegrasian dengan sistem SILACAK KEMENLHK”

Cara Kerja GPS Tracker Sistrack

Penjelasan Cara Kerja GPS Tracker Sistrack

Selain anda wajib mengetahui spesifikasi akan produk gps yang akan di beli, sebelumnya anda juga harus mengetahui tentang cara kerja dari gps tracker, agar kedepannya anda mengetahui apakah perangkat tersebut di butuhkan atau tidak. Seperti terlihat dalam gambar di atas,  dapat dijelaskan komponen yang terdapat dalam kerja GPS Tracker, sebagai berikut:

    • GPS Satellites, Satelit-satelit GPS pancarkan sinyal-sinyal yang digunakan untuk menentukan lokasi suatu objek/unit.

    • Tracking Device, merupakan perangkat yang dipasang pada suatu kendaraan yang akan dimonitor. Perangkat ini berfungsi menghitung lokasi kendaraan dengan menggunakan teknologi GPS, serta memonitor informasi-informasi lain.

    • Communication Gateway, adalah aplikasi komunikasi yang digunakan oleh Tracking Server (Server Sistrack/ Server Silacak) untuk menerima dan mengirim data dari/ke Tracking Device.

    • Tracking Server, merupakan aplikasi yang dijalankan di pusat kontrol. Aplikasi ini berfungsi menerima/mengirim data dari/ke Tracking device, merekam data yang diterima ke database, mengirim notifikasi ke semua user yang sedang aktif memonitor.

    • Database Server, memiliki fungsi sebagai pengelola semua data yang digunakan oleh sistem ini, termasuk data posisi dan status kendaraan, peta digital yang digunakan dan data pemakai yang dapat mengakses sistem.

    • Tracking & Monitoring Software, Aplikasi ini digunakan oleh pemakai untuk melakukan monitoring melalui komputer, laptop hingga Smartphone. Pemakai dapat mengetahui lokasi kendaraan yang dimonitor pada sebuah peta yang ditampilkan di layar. Pemakai juga dapat mengirim command atau request ke Tracking Device melalui aplikasi ini.

    • Web Server (Opsional), adalah aplikasi tambahan yang dijalankan di pusat kontrol untuk menyediakan fasilitas akses melalui internet browser kepada pemakai yang tidak dipasang Tracking & Monitoring Software atau berada diluar jaringan TCP/IP perusahaan. Aplikasi ini tetap memakai data yang sudah tersimpan di Database Server.

    • Jaringan TCP/IP, Jaringan TCP/IP digunakan sebagai media komunikasi antara Tracking & Monitoring Software dan Tracking Server. Jaringan ini bisa berupa Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN).

    • Koneksi ke Internet, Koneksi ini diperlukan agar Tracking Device dapat mengirim data ke Communication Gateway. Koneksi ini juga akan digunakan oleh Web Server untuk menyediakan fasilitas akses remote melalui internet browser.

4 Tahapan Kerja GPS Tracker Sistrack

1. Pemasangan tracking device & setting awal pada unit asset bergerak (kendaraan

Tahap ini cukup dilakukan 1x, selama alat tracking device tidak rusak/perlu diganti.

2. Satellite membaca posisi tracking device

lalu mengirimkan sinyal keberadaan secara terus menerus (24 jam nonstop) dengan memanfaatkan sinyal GSM/GPRS.

3. Data yang diperoleh akan di terima, disimpan dan diolah pada server database

Olahan data disinilah akan di dapatkan berbagai macam output info mengenai unit (kendaraan). Contoh : kecepatan kendaraan, status bahan bakar, rute perjalanan dll.

4. Pemantauan & controling

SISTRACK memanfaatkan 2 platfrom utama untuk kenyamanan pengguna dalam memantau unit asset bergerak, yaitu dengan menggunakan computer/laptop dan smartphone android

Untuk akses monitoring kendaraan bisa anda lihat melalui web GPS monitoring fleet management, Aplikasi Android Sistrack yang tersedia di playstore.

Untuk akses monitoring kendaraan bisa anda lihat melalui web GPS monitoring fleet management, Aplikasi Android Sistrack yang tersedia di playstore.
Apakah Perusahaan Anda ingin Membuat Aplikasi GPS untuk Transportasi integrasi API langsung ke server anda dengan Harga Murah dan Support Lifetime ? Menaikkan omset dan Memudahkan Pelanggan mendapatkan Pemesanan Kendaraan Anda ? Manajemen Transportasi dengan Armada Lebih dari 100unit ?
Whatsapp Support : 0813-2859-5191

Temukan katalog Sistrack di SHOPEE dan TOKOPEDIA

Email : info@sistrack.id

Profesional GPS Tracking Fleet Management
-Available Sale and Installation in Indonesia-