Servis Mobil: 8 Komponen Utama

Servis Mobil 8 Komponen Utama

Servis Mobil: 8 Komponen Utama – Saat servis mobil, kita harus tahu komponen apa saja yang sebaiknya diganti agar performa mobil tetap terjaga. Servis sebaiknya dilakukan secara rutin setiap interval 6 bulan sekali atau mengikuti jadwal servis rutin yang telah disediakan dari pabrikan mobil.

Berikut merupakan cara terbaik menjaga mobil Anda tetap bekerja sempurna dan aman. Tentu saja Anda tidak ingin mengendarai mobil yang bisa rusak setiap waktu, bukan? Tapi apa sajakah komponen yag harus diganti ketika servis mobil? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1. Oli

Oli mesin memberikan pelumasan di dalam ruang mesin agar kinerjanya menjadi lancar tanpa hambatan. Ada 2 tipe oli yaitu sintetis dan non-sintetis. Oli sintetis biasanya usia pakainya lebih lama, yaitu sekitar 10.000 kilometer sebelum Anda harus menggantinya lagi. Sedangkan untuk oli non sintetis sudah harus ganti di interval 5.000 kilometer.
Oli sintetis juga bisa bertahan lebih lama 3.000 kilometer sebelum kualitas olinya benar-benar menururn. Namun sebaiknya jangan ambil risiko, sehingga sebaiknya tetap ganti di interval 5.000 kilometer.
Menurut pendapat kami, oli sintetik berkualitas tinggi tidak begitu banyak membuat perbedaan, jadi sebaiknya tetap menggunakan oli berkualitas baik.

2. Filter Oli

Filter oli menyaring kotoran dan debu dari mesin. Filter harus diganti setiap Anda melakukan pergantian oli mesin. Langkah ini penting untuk menghindari gumpalan oli yang terjadi secara akumulatif.

3. Busi

Busi berguna untuk membakar bahan bakar yang terkompresi dan menciptakan ledakan di ruang bakar. Setiap mobil mempunyai nomor busi yang berbeda, dan setiap busi juga mempunyai perbedaan usia pakai. Busi dengan kualitas lebih bagus cenderung lebih tahan lama, dengan pemakaian mencakup 40.000 kilometer. Sedangkan busi berkualitas rendah hanya bertahan sekitar 20.000 kilometer.

4. Automatic Transmission Fluid (ATF)

Minyak ATF merupakan minyak transmisi otomatis yang berguna melumasi girboks dan pelumas ini wajib diganti setiap 25.000 hingga 30.000 kilometer. Flushing adalah cara yang digunakan untuk menguras oli girboks, dan direkomendasikan wajib ganti setiap 50.000 kilometer sekali.
Mesin umumnya memompa 80% dari oli ATF dan men-sirkulasikannya di dalam mesin. Mesin akan menyebabkan oli transmisi bersirkulasi secara terus menerus di dalam ruang mesin dan kotoran di dalam girboks akan larut di dalamnya. Oleh karena itu sangat penting untuk menguras oli transmisi agar mobil Anda bisa melaju lebih mulus ketika terjadi perpindahan gigi.

5. Oli Power Steering

Minyak power steering sebaiknya diganti setiap 30.000 kilometer dan dikuras di interval 50.000 kilometer. Hal ini akan membantu mereduksi perputaran setir yang berat ketika berbelok.
Jika Anda mendengar suara aneh saat ketika membelokkan setir, itu adalah pertanda minyak power steering harus segera diganti atau jika tidak, putaran setir pada kendaraan akan terasa berat dan kendaraan akan sulit dikendalikan.

6. Kampas dan Minyak Rem

Kapankah Anda harus mengganti kampas rem? Ketika Anda mendengar suara berisik saat melakukan pengereman, itu adalah indikasi kalau sisa kampas di mobil Anda hanya 20%. Rata-rata setiap kampas rem bertahan sekitar 35.000 kilometer. Namun jika Anda adalah seorang pengemudi yang tidak menyetir secara agresif, kampas rem bisa bertahan hingga 100.000 kilometer.
Biasanya kampas rem yang kompatibel mempunyai suara lebih berisik meskipun dalam kondisi baru. Namun berbicara jarak pengereman, baik orisinal ataupun di bawahnya mempunyai kualitas yang tidak jauh berbeda. Sebaiknya segera ganti komponen ini ketika servis mobil.

7. Rotasi ban, Balancing dan Penyelarasan Roda

Ban yang kerap melakukan pengereman cenderung lebih cepat aus, sehingga perlu dirotasi lebih cepat.  Persisnya setiap 10.000 kilometer dengan merotasi ban, semua empat ban akan aus secara merata sehingga Anda tidak harus buru-buru mengganti setiap ban. Umur pakai ban umumnya berkisar 30.000 hingga 40.000 kilometer.
Dan juga penting untuk menyelaraskan sudut roda setiap 20.000 hingga 30.000 kilometer sekali. Ini karena sudut roda atau wheel alignment mulai berubah. Sehingga salah satu sisi roda akan lebih cepat aus. Anda akan mengetahui mobil Anda perlu spooring ketika Anda melepas tangan dari setir, dan mobil mulai berjalan mengarah ke salah satu sisi.

8. Filter Udara

Filter udara berguna untuk menyaring partikel debu dari udara yang akan masuk ke ruang bakar. Alhasil, udara yang bersih akan menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Sehingga ada baiknya Anda rajin mengganti filter udara setiap servis mobil.

9. Lainnya

Beberapa komponen utama lainnya yang perlu diganti adalah karet wiper ketika fungsinya mulai tak optimal. Selain itu juga Anda sebaiknya mengisi ulang gas freon jika perangkat AC Anda tidak mengeluarakan suhu yang optimal.

Sistrack GPS Tracker Indonesia

Untuk akses monitoring kendaraan bisa anda lihat melalui web GPS monitoring fleet management, Aplikasi Android Sistrack yang tersedia di playstore.

Apakah Perusahaan Anda ingin Membuat Aplikasi GPS untuk Transportasi integrasi API langsung ke server anda dengan Harga Murah dan Support Lifetime ? ” Menaikkan omset dan Memudahkan Pelanggan mendapatkan Pemesanan Kendaraan Anda ? Manajemen Transportasi dengan Armada Lebih dari 100unit ?

Whatsapp Support : 0813-2859-5191
Email : info@sistrack.id

-Profesional GPS Tracking Fleet Management –
Available Sale and Installation in Indonesia