Pentingnya Data dalam Mengambil Keputusan

Pentingnya Data dalam Mengambil Keputusan – Pengambilan keputusan memiliki beberapa definisi dari para ahli: Menurut Eisenfuhr (dalam Lunenburg, 2010) pengambilan keputusan adalah proses membuat pilihan dari sejumlah alternatif untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pengambilan keputusan memiliki tiga kunci elemen. Pertama, pengambilan keputusan melibatkan membuat pilih an dari sejumlah pilihan. Kedua, pengambilan keputusan melibatkan lebih dari sekedar pilihan akhir dari antara alternatif. Ketiga, “hasil yang diinginkan” yang disebutkan dalam definisi melibatkan tujuan atau target yang dihasilkan dari aktivitas mental bahwa pembuat keputusan terlibat dalam mencapai keputusan akhir (dalam Lunenburg, 2010).

Pentingnya Data dalam Mengambil Keputusan

Selain itu, menurut Terry (1994) pengambilan keputusan adalah pemilihan alternatif perilaku tertentu dari dua atau lebih alternatif yang ada. Sementara Wang dan Ruhe (2007) berpendapat bahwa pengambilan keputusan adalah proses yang memilih pilihan yang lebih disukai atau suatu tindakan dari antara alternatif atas dasar kriteria atau strategi yang diberikan. Berdasarkan dari beberapa pendapat diatas, pengambilan keputusan bisa disimpulkan bahwa suatu proses pemilihan dari antara alternatif untuk mencapai suatu hasil.

Pentingnya dalam Menggunakan Data untuk Pengambilan Keputusan Bisnis

Pentingnya Data dalam Mengambil Keputusan

Saat ini data memegang peranan penting dalam bisnis. Sebab itu banyak perusahaan mulai memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya data. Dalam pengambilan keputusan, mereka terus mendorong proses berdasarkan data aktual dengan tujuan menghindari pengambilan keputusan yang salah. Dengan kata lain, perusahaan tidak lagi mengandalkan intuisi dan pengamatan untuk menciptakan keputusan yang tepat.

Apa saja proses yang diperlukan untuk menggunakan data ke dalam pengambilan keputusan seperti disarikan dari Forbes.

  • Mulai dengan strategi. Dibanding pusing memikirkan mulai dari mana atau harus mengakses data yang mana dulu, mulailah dengan mencari tahu apa yang ingin dicapai (tujuan) perusahaan.
  • Identifikasi area bisnis, Anda perlu mengidentifikasi area bisnis mana yang paling penting untuk mencapai strategi Anda secara keseluruhan.
  • Identifikasi pertanyaan bisnis yang belum dijawab. Sekarang setelah Anda mengidentifikasi tujuan strategis Anda, langkah selanjutnya adalah mencari tahu pertanyaan mana yang perlu Anda jawab untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan mencari tahu apa yang perlu Anda ketahui, Anda dapat fokus pada data yang benar-benar Anda butuhkan.
  • Analisis data. Anda perlu menganalisis data untuk mengekstraksi wawasan bisnis yang bermakna dan bermanfaat. Namun, dalam beberapa kasus, data membutuhkan tangan analitis yang lebih berpengalaman

Jenis Analisis Data untuk Pengambilan Keputusan Yang Tepat

Analisis data merupakan kegiatan memeriksa, membersihkan, mengubah, dan memodelkan data terstruktur maupun tidak terstruktur untuk menggali informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan. Untuk menggali informasi yang bermanfaat. Di era modern, perkembangan teknologi telah mengubah berbagai industri dalam menghasilkan, menyimpan, dan memanfaatkan data, Saat ini sebagian besar bidang industri memanfaatkan big data dalam kegiatan sehari-hari.

informasi yang bermanfaat bagi bisnis, terutama untuk pengambilan keputusan. Namun, berkembangnya ilmu pengetahuan menyebabkan meningkatnya perkembangan metode analisis data. Oleh karena itu, sebelum melakukan analisis data sebagai dasar pengambilan keputusan, kita harus mengetahui jenis analisis data yang mana yang akan kita gunakan.

Teknik Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan dengan memperhatikan organisasi, perorangan, dan kelompok perorangan yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan dinyatakan dalam teori sistem. Dalam teori ini, suatu sistem merupakan suatu set elemen-elemen atau komponen yang tergabung bersama berdasarkan suatu bentuk hubungan tertentu. Komponen-komponen itu satu sama lain saling terkait dan membentuk suatu kesatuan yang utuh. Tingkah laku suatu organisasi sangat tergantung pada tingkah laku komponen-komponennya dan hubungan antar komponen.

Fungsi dan tujuan pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan sebagai suatu kelanjutan dari cara pemecahan masalah mempunyai fungsi antara lain sebagai berikut :

  • Pangkal permulaan dari semua aktivitas manusia yang sadar dan terarah baik secara individual maupun secara kelompok, baik secara institusional maupun secara organisasional.
  • Sesuatu yang bersifat futuristik, artinya menyangkut dengan hari depan/masa yang akan datang, dimana efeknya atau pengaruhnya berlangsung cukup lama.

Ada dua tujuan pengambilan keputusan yang dapat dibedakan yaitu :

  • Tujuan bersifat (hanya satu masalah dan tidak berkaitan dengan masalah lain)
  • Tujuan yang bersifat ganda (masalah saling berkaitan, dapat bersifat kontradiktif ataupun tidak kontrakdiktif)
Sistrack GPS Tracker Indonesia

Untuk akses monitoring kendaraan bisa anda lihat melalui web GPS monitoring fleet management, Aplikasi Android Sistrack yang tersedia di playstore.

Apakah Perusahaan Anda ingin Membuat Aplikasi GPS untuk Transportasi integrasi API langsung ke server anda dengan Harga Murah dan Support Lifetime ? ” Menaikkan omset dan Memudahkan Pelanggan mendapatkan Pemesanan Kendaraan Anda ? Manajemen Transportasi dengan Armada Lebih dari 100unit ?

Whatsapp Support : 0813-2859-5191
Email : info@sistrack.id

-Profesional GPS Tracking Fleet Management –
Available Sale and Installation in Indonesia