Tips Transmisi Mobil Matik

Tips Transmisi Mobil Matik

Tips Transmisi Mobil Matik – Apakah kamu pernah mengalami mobil mundur saat menanjak mengendarai mobil matik? Berikut ini adalah panduan lengkap, Cara mengemudi mobil matik mulai dari posisi tuas transmisi hingga jalan tanjakan dan turunan.

Perbedaan yang paling utama antara mobil matik dan mobil bertransmisi manual adalah, pada mobil matik hanya ada dua pedal.

Yakni satu merupakan pedal gas dan satu lagi adalah pedal rem. Sedangkan pada mobil transmisi manual memiliki tiga pedal, yaitu gas, rem, dan satu lagi adalah pedal kopling. Begini cara mengemudi mobil matic buat pemula, tips pindah gigi mobil matik sangat mudah dan sederhana sekali.

1. Pelajari tuas transmisi dulu

Hal pertama yang mesti dipelajari saat belajar mengemudi mobil matik adalah memahami tuas transmisinya dulu.

Tuas P (Park) adalah posisi yang hanya dipakai saat mobil parkir, Tuas R (Reverse) adalah posisi untuk mundur, Tuas N (Neutral) adalah gigi netral yang dipakai untuk berhenti sebentar (pengemudi tetap di belakang kemudi dan mesin dalam keadaan hidup).

Tips Transmisi Mobil Matik

Tuas D artinya gigi maju yang beroprasi dengan perbandingan gigi transmisi sampai 3, Tuas 2 artinya gigi maju yang beroprasi dengan perbandingan gigi transmisi 1 sampai  2, Tuas 1 atau L (low) adalah tuas paling rendah (tidak ada perpindahan gigi) yang biasa untuk melewati tanjakan curam.

2. Perhatikan tingkat  kecuraman tanjakan

Tips Transmisi Mobil Matik

Saat berada di jalan tanjakan seperti didaerah perbukitan maupun di pegunungan yang biasanya memiliki medan lebih curam, Sebaiknya hindari menggunakan metode D saja.
Tapi minimal gunakanlah setidaknya D2 untuk melalui nya dengan mudah, selain itu jika tanjakan lebih curam, Langsung oper ke D1 atau oper L.
Posisi ini ibarat nya gigi 1 pada mobil manual. Digunakan untuk tanjakan yang sangat curam atau ketika terjebak macet berjalan merayap di tanjakan

3. Jaga jarak dengan mobil di depan

Tips Transmisi Mobil Matik

Selalu jaga jarak dengan kendaraan lainnya yang ada di depan.
Tujuan dari jaga jarak ini untuk memberikan ruang mobil apabila tiba-tiba mobil yang ada di depan anda melambat atau bahkan berhenti akibat kehabisan tenaga.

Jaga jarak tersebut juga bermanfaat memberi ruang. Ketika mobil Anda mengalami lonjakan tenaga, Akibat melakukan kickdown. Atau memindahkan gigi ke posisi lebih rendah misalnya dari posisi D ke D3 atau D3 ke 2

4. Jangan ragu untuk pindah gigi secara manual 

Ketika mendaki jalan yang menanjak jangan ragu untuk memindah gigi secara manual. Jika melewati tanjakan dengan tuas D dan tenaga mobil matic perlahan berkurang, maka anda bisa geser ke tuas D3.

Bila tenaga masih berkurang lagi, geser lagi tuas dari D3 ke 2. Jika masih kurang juga, geser lagi dari posisi 2 ke 1 atau L.

Ingat, perpindahan ke gigi lebih rendah ini dilakukan secara bertahap.
Yakni, ketika putaran mesin sudah turun, dan tanpa menginjak pedal rem.

Sistrack GPS Tracker Indonesia

Untuk akses monitoring kendaraan bisa anda lihat melalui web GPS monitoring fleet management, Aplikasi Android Sistrack yang tersedia di playstore.

Apakah Perusahaan Anda ingin Membuat Aplikasi GPS untuk Transportasi integrasi API langsung ke server anda dengan Harga Murah dan Support Lifetime ? ” Menaikkan omset dan Memudahkan Pelanggan mendapatkan Pemesanan Kendaraan Anda ? Manajemen Transportasi dengan Armada Lebih dari 100unit ?

Whatsapp Support : 0813-2859-5191
Email : info@sistrack.id

-Profesional GPS Tracking Fleet Management –
Available Sale and Installation in Indonesia