5 Tips mencegah pencurian bahan bakar

Biaya bahan bakar merupakan pengeluaran yang besar untuk setiap armada truk. Sebagai seorang manajer, penting untuk memiliki sistem untuk memastikan armada Anda tidak membayar lebih dari yang seharusnya untuk salah satu biaya operasional penting, yaitu bahan bakar.

Pencurian bahan bakar dan pembelian bahan bakar tanpa izin dapat merugikan bisnis Anda. Untuk menjaga pengemudi tetap jujur dengan biaya pengoperasian seminimal mungkin, penting bagi armada untuk memiliki rencana mengurangi pencurian. Simak 5 tips mengurangi pencurian bahan bakar berikut ini :

1. Melakukan Training Terhadap Driver

Diskusikan dengan pengemudi Anda tentang ancaman pencurian bahan bakar, yang memengaruhi profitabilitas armada dan keamanan pekerjaan. Jelaskan sistem yang telah diterapkan perusahaan untuk mengurungkan niat mereka dalam mencuri bahan bakar. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengingatkan mereka tentang keamanan kendaraan dasar, seperti memarkir kendaraan dengan aman di malam hari dan memastikan tangki bahan bakar dan tutup bahan bakar terkunci.

2. Pasang Penerangan, dan Kamera Keamanan

Lapangan kendaraan adalah target populer bagi pencuri bahan bakar, jadi buat mereka sesulit mungkin untuk membobolnya tanpa disadari. Pagar yang aman dan pencahayaan yang terang membuat halaman Anda jauh lebih terlihat dari jalan dan kurang menarik bagi pencuri. Kamera keamanan CCTV juga dapat bertindak sebagai pencegah dan cara efektif untuk membantu menangkap penjahat jika pencurian pernah terjadi.

3. Parkir Defensif

Parkir kendaraan dengan cara yang melindungi dan memblokir akses ke tangki bahan bakar. Ini menambah lapisan kesulitan lain yang dapat menghalangi pencuri bahan bakar dan menyebabkan mereka beralih ke target yang lebih mudah.

4. Pantau Halaman Anda

Beberapa pencuri bahan bakar akan menjelajahi pekarangan pada siang hari untuk menargetkan malam itu. Perhatikan siapapun yang bertindak mencurigakan di sekitar halaman Anda. Gunakan papan nama untuk memperjelas halaman Anda bukanlah sasaran yang mudah bagi siapa pun yang berniat mencuri bahan bakar.

5. Sesuaikan Kendaraan dengan Sensor Bahan Bakar

Sensor bahan bakar dapat dihubungkan ke fleet management system, dan peringatan pengecualian dapat dikirim melalui e-mail ke perangkat seluler dalam waktu yang hampir bersamaan jika bahan bakar diambil di luar jam kerja normal. Hal ini dapat membantu menangkap pencuri yang mencuri bahan bakar.