Tips Menghemat Biaya Operasional Armada

Paska Pandemi COVID-19 sekarang ini, sangat berpengaruh terhadap operasional perusahaan. Bagi manajemen perusahaan menjadi wajib mendorong efisiensi biaya operasional. Biaya operasional sendiri merupakan beban bagi perusahaan, sehingga jika pemasukan dan biaya operasional tidak seimbang, maka akan terjadi kerugian. Maka dari itu, efisiensi menjadi hal yang sangat diperhatikan, berikut ini tips menghemat biaya operasional armada. 

1. Pangkas Biaya Operasional Armada Kurang Produktif

Evaluasi armada saat ini dengan mengidentifikasi pemanfaatan aset, yang dapat dilakukan dengan fleet management software seperti Sistrack Web. Pertimbangkan untuk menjual aset kendaraan dan peralatan non-esensial atau yang sudah lama dan kurang produktif. Jika diperlukan tambahan kendaraan atau peralatan di waktu-waktu tertentu, Manajemen dapat memanfaatkan sewa, dimana perusahaan dapat menghemat biaya operasional armada.

2. Perpanjang Siklus Usia Armada

Lakukan pengecekan menyeluruh dan pemeliharaan yang terjadwal, untuk memastikan armada tetap awet dan dapat beroperasi optimal, serta mencegah downtime dan kerusakan. Menggunakan fleet management software yang terintegrasi dengan GPS tracker untuk mengatur jadwal pemeliharaan berdasarkan tanggal, kilometer, maupun durasi operasional masing-masing armada. Selain teknisi, pengemudi juga dapat menginspeksi kendaraan dan melaporkan jika ada problem melalui fitur Driver Vehicle Inspection Report (DVIR) pada aplikasi pengemudi, seperti Sistrack, yang terhubung dengan fleet management software.

3. Menghemat Biaya Operasional Bahan Bakar Armada

Menggunakan sistem fleet management yang tehubung GPS Tracker mampu melakukan pemantauan bahan bakar. Memberikan wawasan/laporan konsumsi bahan bakar setiap armada. Mudahnya mengetahui kendaraan yang paling tidak efisien bahan bakar, mempelajari mengapa hal itu terjadi, dan mencari solusinya. Praktik pencurian bahan bakar dan kecurangan dalam klaim pembelian bahan bakar juga dapat dideteksi dan dicegah. Penghematan bahan bakar lainnya juga dapat dilakukan melalui pengurangan idling (membiarkan mesin menyala lama saat kendaraan berhenti atau terparkir). GPS tracker dapat mendeteksi idling dan mengirimkan peringatan secara real-time.

4. Jalankan Manajemen Operasional secara Digital

Pengalihan pekerjaan ke arah digital dapat mendukung protokol kesehatan untuk tetap menjaga jarak dan membatasi jumlah orang dalam satu ruangan. Dengan fleet management system berbasis Software as a Service (SaaS), pengelolaan armada dapat dilakukan dari jarak jauh. Melakukan pengaksesan data dari mana dan kapan saja hanya dengan koneksi internet—tidak perlu membeli lisensi dan menginstal software, juga menyewa atau memiliki dan memelihara server. Digitalisasi dengan cara demikian tentunya lebih efisien, produktif, dan ramah lingkungan.

5. Evaluasi dan Latih Pengemudi

Demi mengurangi kerugian akibat kerusakan dan kecelakaan kendaraan, perilaku mengemudi para driver harus dapat diandalkan. GPS tracker membantu memantau perilaku mengemudi berisiko, seperti mengebut, mengerem keras, akselerasi kasar, dan menikung tajam, sekaligus memberikan penilaian melalui Laporan Skor Pengemudi. Berdasarkan laporan tersebut, dapat dijadikan bahan evaluasi dan memberikan pelatihan untuk memperbaiki perilaku mengemudi, meningkatkan keselamatan, dan mengurangi risiko kerugian perusahaan.

6. Audit Armada yang Dibawa Pulang

Lakukan audit pada armada yang biasa dibawa pulang oleh karyawan, memastikan perusahaan tidak menanggung biaya berlebih. Pantau aktivitas armada dengan GPS tracker dan atur notifikasi untuk penggunaan di luar jam kerja. Gunakan pula fitur logbook untuk memisahkan trip pribadi dengan bisnis. Laporan Logbook akan menghitung total jarak tempuh trip pribadi dan bisnis, sehingga Anda dapat memperkirakan biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan untuk aktivitas operasional perusahaan.

Raih peluang efisiensi untuk keberlanjutan operasi armada perusahaan Anda dengan menggunakan fleet management system Sistrack. Berbagai fitur yang  dapat mendukung dalam strategi-strategi efisiensi di atas. Konsultasi dengan kami sekarang dan dapatkan penawaran special sekarang juga.