Tips menghemat bahan bakar truk

Tips menghemat bahan bakar truk – Bagi perusahaan menghemat bahan bakar truk adalah sebuah keharusan, dimana operasional truk yang efektif tentu dapat menghemat pengeluaran perusahaan, diperlukannya suatu sistem yang praktis, aman dan mudah dikontrol. Hal ini yang menjadikan faktor penting dalam menghemat bahan bakar truk.

Perilaku yang menyebabkan boros penggunaan bahan bakar truk, tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan driver ugal-ugalan yang menyebabkan truk bermanuver dan rem mendadak. Ada juga faktor sistem pendingin yang bermasalah dan alami overcooling otomatis terjadi pemborosan bahan bakar. Tahukah Anda kalau hidupnya AC terus menerus dapat juga menyebabkan pemborosan?

Padahal AC tidak mengkonsumsi solar, ketika AC menyala, kompresor akan bekerja dengan daya yang tidak sedikit, sehingga cukup menguras tenaga mesin. Kondisi ini normal, tapi jika terjadi masalah pada sistem AC akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Misalnya, AC yang terlalu dingin disebabkan kompresor terus bekerja saat tekanan freon tinggi, berikut ini Sistrack berikan tips menghemat bahan bakar truk.

Berikut Tips Menghemat Bahan Bakar Truk:

  1. Untuk driver mengurangi kecepatan saat berkendara di dalam maupun luar kota,
  2. Nyalakan mesin dan lakukan percepatan kira-kira sampai RPM maksimal dan ganti gigi lebih awal dibanding menundanya,
  3. Kemudikan truk dengan gigi tinggi sesering mungkin,
  4. Tetap jaga kecepatan sehingga konstan,
  5. Lakukan pengereman dengan rem mesin sesering mungkin,
  6. Ketika Truk berhenti dalam waktu lama, jangan lupa mematikan mesin.

Kunci dari tips menghemat bahan bakar truk bukan hanya dari cara driver Anda mengemudi, namun penting juga bagi perusahaan untuk selalu mengecek kondisi armada agar selalu prima.

Ada hal yang patut juga diperhatikan, fakta di lapangan bagi perusahaan yang bergerak di bidang logistik, maupun penyedia armada akomondasi selama ini mengalami pembengkakan biaya operasional, terutama pada penggunaan BBM (Bahan Bakar Minyak). Manager Logistik di perusahaan sering dibuat pusing dengan perilaku karyawan, terutama driver ekspedisi. Banyak tingkah laku driver yang merugikan perusahaan.

Baca Juga : Awasi Driver Nakal dengan GPS Tracker

Banyaknya tingkah oknum driver yang merugikan perusahaan, contohnya keterlambatan pengiriman barang, hilang dan dicurinya kendaraan, driver sering menggunakan kendaraan diluar keperluan perusahaan. Selain itu, sering memanipulasi bon bahan bakar minyak, seperti melakukan pengisian BBM namun tidak sesuai dengan yang tertera di bon.

Percayakan pada Sistrack

Kenapa Sistrack? layanan Sistrack telah 9 tahun bergerak di bidang Teknologi tracking, hadir untuk menjawab situasi yang terjadi pada perusahaan-perusahaan yang sehari-harinya mengurus operasional kendaraan dan bahan bakar. GPS Sistrack menawarkan solusi GPS Tracking lengkap dengan beragam fitur tercanggih, mulai dari pelacakan posisi truk secara real time, pengukuran lamanya operasi truk, jarak tempuh, sampai estimasi penggunaan solar.

Dengan memasang GPS Tracker Sistrack pada seluruh armada / truk di perusahaan. Perusahaan yang Anda kelola sudah otomatis terintegrasi sistem SILACAK milik Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dimana bagi pemilik usaha yang bergerak di sektor pengelolaan Limbah B3, lengkapnya ijin Sistrack ini sangat diperlukan guna keperluan perusahaan yang fundamental.

Bahkan Fitur-fitur pada SISTRACK telah memenuhi syarat sesuai peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat (DISHUB) nomor : KP.2081/AJ.801/DRJD/2019 tentang petujuk teknis alat pemantau pergerakan kendaraan secara elektronik pada angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum.

Baca juga : Tutorial Memasang dan Aktifkan GPS Tracker

Sistrack layanan resmi kementrian

Penting untuk di simak

Manager logistik dapat menarik laporan parkir, laporan perjalanan kendaraan, sampai berapa kali pemberhentian. Seluruh data setiap armada disajikan dalam bentuk laporan yang dapat menunjang decision making, bahkan Sistrack juga telah dilengkapi fitur CCTV yang dapat di pasang dalam armada truk untuk perusahaan Anda.

Dengan GPS Tracker Sistrack, Manager dapat menyelediki kebiasaan supir masing-masing truk. Mana supir yang nakal, mana supir yang taat. Mana supir yang disiplin, mana supir yang rajin, dan mana supir yang malas, dengan menjadi rekanan Sistrack dan menjalankan tips menghemat bahan bakar truk, Kami yakini untuk lebih maksimal menjalankan monitoring.

Senang sekali apabila Anda menghubungi Kami, untuk berlangganan dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Sistrack Anda bisa hubungi Kami di:

Whatsapp : 0813-2859-5191 (Agung)

Email : info@sistrack.com