Tips merawat aki kendaraan dari sistrack gps tracker Indonesia

Aki dalam kendaraan merupakan salah satu komponen paling penting yang ada di dalam kendaraan. Fungsi utama dari aki adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen kendaraan lainnya. Saat aki tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka kenyamanan pengendara dan penumpang pun menjadi terganggu. Lantas apa yang harus dilakukan agar kondisi aki mobil tetap prima dan tidak cepat tekor? Simak beberapa tips untuk merawat aki kendaraan di bawah ini.

Tips Merawat Aki Kendaraan

Sumber: https://www.instagram.com/sistrack.gpstracker/

Baca artikel berikut: Tips Menghemat Bahan Bakar Truk

Sebelum langsung membahas gimana sih tips merawat aki kendaraan. Masih adakah sobat Sistrack yang membandingkan sebenarnya tuh awetan mana, aki basah atau aki kering ya? Sebenarnya antara aki basah maupun aki kering tingkat keawetanya itu tergantung, iya tergantung dari pemakaian pengguna.

Secara teori aki basah memang lebih awet, namun dengan catatan, volume airnya harus selalu dijaga. Biasanya harus dicek tiap dua bulan. Untuk kendaraan yang tingkat penggunaannya tinggi. Tapi jika kamu memiliki tingkat mobilitas yang tinggi bahkan sampai tidak punya waktu untuk merawat kendaraan, sebaiknya menggunakan aki kering.

Untuk aki jenis kering satu ini tidak perlu perawaran rutin. Tetapi ingat, aki kering rata-rata kalau sudah berumur 1,5 tahun atau 2 tahun harus diganti dengan yang baru. Nah dengan seperti ini sobat Sistrack sekarang tahu kan, bahwa mau aki kering maupun basah itu sama-sama awet, dengan catatan tergantung mobilitas penggunaan kendaraan sobat ya.

Merawat Aki Kendaraan, Seperti ini 

Oke setelah sebelumnya sudah di satukan persepsinya, bahwa mau aki kering maupun basah bisa awet tergantung penggunaannya. Sekarang saatnya masuk ke inti artikel ini, berikut tips merawat aki kendaraan:

1. Rajin memeriksa air pada aki basah

Rutin melakukan pemeriksaan air pada bagian tersebut secara rutin dua atau tiga hari sekali. Jika melihat persediaan air pada aki berkurang, maka segera lakukan pengisian ulang. Jika persediaan air pada aki berkurang dan tidak segera diisi ulang maka hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada aki, sehingga mengganggu perjalanan. Sebab, itulah persediaan air pada aki harus tetap dijaga dan jangan sampai kehabisan.

Baca juga artikel ini: 5 Tips Amankan Mobil dari Pencurian

2. Matikan perangkat yang tersambung listrik saat mobil tidak digunakan

Selanjutnya untuk melakukan perawatan terhadap aki adalah ketika mobil tidak digunakan matikan seluruh perangkat yang terhubung dengan saluran listrik. Perangkat listrik tersebut antara lain adalah radio, AC, lampu, dan tv kecil. Dengan melakukan hal ini tentu akan menjadikan aki yang ada pada mobil tetap awet. Anda juga tidak akan mengalami kesulitan saat berkendara karena kebutuhan daya tercukupi.

3. Memeriksa bagian terminal aki mobil

Periksalah bagian terminal, pada bagian terminal aki memiliki fungsi sebagai jembatan penghubung antara kutub positif dan negatif. Biasanya, terminal aki memang rentan menimbulkan kerusakan. Terminal pada aki sangat mudah disisipi dengan berbagai macam bakteri dan jamur yang dapat membahayakan. Umumnya benda-benda asing yang menempel di terminal juga dapat disebabkan oleh usia aki sudah terlalu tua.

Untuk membersihkan benda asing yang menempel pada terminal aki bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan montir. Caranya adalah ambil air panas dalam ember, siapkan sikat gigi bekas, lalu gosok bagian aki yang tertempel benda asing tersebut sampai bersih.

Coba periksa bagian terminal. Jika kendur, lakukan pengencangan. Apabila terasa sangat sulit untuk dikencangkan, itu tandanya harus mengganti baut atau perlu membeli aki yang baru. Periksa bagian terminal aki secara rutin agar tidak sering membeli yang baru.

4. Cermati daya pengisian bahan bakar

Next step  dapat kamu pastikan kondisi aki dengan memperhatikan daya pengisian bahan bakar. Ketika mengisi bensin, lihatlah jumlah bahan bakar ketika mobil menyala. Jika baru membeli bensin dan cepat habis, maka daya pengisian bahan bakar yang menunjukkan gangguan. Ada alasan umum yang menjadi penyebab aki mengalami masalah, yaitu terlalu banyak jumlah aksesoris terpasang di mobil.

Pentingnya memastikan hal tersebut tetap baik- baik saja, cara yang bisa digunakan adalah dengan melihat pengisian pada aki. Lepaskanlah kutub negatif aki saat mobil menyala, jika kendaraan langsung mati maka ada permasalahan ketika sedang mengisi bahan bakar.

5. Ini kebiasaan buruk, Jangan ditiru!

Hayoo siapa disini yang masih sering lakuin kebiasaan ini? So, setelah baca ini jangan dilakuin ya! Untuk orang yang sedang menunggu di dalam mobil. Ketika cuaca diluar sedang panas, Anda akan menyalakan AC dan memutar radio karena merasa bosan menunggu terlalu lama. Padahal posisi mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tetap on.

Hal penting ini perlu kamu perhatikan bahwa itu sangat membahayakan aki. Jika hal di atas dilakukan secara terus menerus, lama kelamaan kondisi aki tidak akan baik- baik saja. Hal ini juga menjadi penyebab aki mobil tekor. Jika tidak menginginkan hal tersebut terjadi, maka ketika sedang menunggu di dalam mobil, bukalah jendela agar mendapatkan angin segar dari luar dan tidak memerlukan AC. Apabila bosan, bisa berjalan-jalan keluar atau mendengarkan musik melalui ponsel sendiri.

Hati-hati memilih GPS TRACKER

Perkenalkan Rekomendasi GPS Tracker Indonesia

Sistrack, sebagai penyedia layanan GPS Tracker bahkan pemasangan yang telah berpengalaman sejak 2011. Bahkan yang terpenting fitur yang dimiliki SISTRACK telah memenuhi syarat peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat, (DISHUB) nomor: KP.2081/AJ.801/DRJD/2019. Tentang petunjuk teknis alat pemantau pergerakan kendaraaan secara elektronik pada angkutan orang dan kendaraaan bermotor umum.

Mengapa SISTRACK?
  1. SISTRACK memfokuskan diri pada produk GPS Tracker dan GPS Navigasi, sejak tahun 2011
  2. Berbadan usaha yang jelas dan kantor tetap
  3. Dilengkapi dengan ijin POSTEL.
  4. Dual platform monitoring ( pc & Smartphone Android)
  5. Menggunakan Bahasa Indonesia
  6. Bergaransi 1 tahun
  7. Fitur sesuai dengan aturan DISHUB
  8. Dilengkapi dengan server ganda
  9. Memiliki teknisi yang handal dan profesional

Kamu bisa dapatkan GPS Tracking Indonesia terbaik, cukup dengan hubungi kami, dan pastikan mobilmu aman dari pencurian.